Merupakan skema inovasi yang menitikberatkan pada kebutuhan pasar, industri, pemerintah, dan komunitas. Terdapat dua tipe inovasi tematik, yaitu:
1. Inovasi Tematik Pengembangan Produk,
2. Inovasi Tematik Kajian Pasar
Jumlah maksimal anggota peneliti adalah 1-5 orang dosen
Universitas Telkom ber-NIDN dan 1-5 orang mahasiswa Universitas
Telkom yang memiliki Nomor Induk Mahasiwa.
Mitra Inovator untuk Inovasi Tematik harus berasal dari eksternal Universitas Telkom, yang dibuktikan dengan surat kesediaan mitra dari lembaga/ instansi mitra.
Setiap dosen hanya dapat mengusulkan maksimal 2 judul proposal, yaitu 1 sebagai ketua dan 1 sebagai anggota, ataupun maksimal menjadi anggota di 2 judul berbeda.
Dana operasional penelitian yang akan diberikan maksimal sebesar Rp60.000.000,- ditambah Mitra Inovator yang wajib memberikan pendanaan (in cash/ in kind) min. 50% dari yang sudah disetujui.
A. Inovasi Tematik Pengembangan Produk, dana operasional hanya dapat digunakan untuk:
1. bahan habis pakai/peralatan dan bahan yang berhubungan untuk menunjang proses inovasi,
2. jasa pengujian / biaya sertifikasi atau standarisasi produk,
3. biaya perjalanan sesuai dengan ketentuan, dan
4. biaya pajak yang muncul karena terjadinya transaksi.
A: Inovasi Tematik Kajian Pasar, dana B. operasional hanya dapat digunakan untuk:
1. bahan habis pakai/peralatan dan bahan yang berhubungan untuk menunjang proses inovasi,
2. survei, jasa pengumpulan dan atau pengolahan data,
3. biaya perialanan sesuai dengan ketentuan, dan
4. biaya pajak yang muncul karena teriadinya transaksi.