Bandung, Indonesia, 2 September 2024– Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) bekerja sama dengan Bandung Techno Park Universitas Telkom dengan bangga mempersembahkan Demo Day Series sebagai bagian dari program Startup Capacity Enhancement dengan tema “Empowering Startups: Towards Sustainability.” Acara ini, yang berlangsung pada 2-4 September 2024 di Hotel Grand Tebu, Jl. LLRE Martadinata Bandung, akan menampilkan 21 startup yang telah melewati proses seleksi tenant, pelatihan, dan coaching.

Diluncurkan pada tahun 2021, inisiatif Program *Startup Capacity Enhancement* bertujuan untuk memberdayakan startup di seluruh Indonesia dengan memperkuat keterampilan kewirausahaan, mendorong keberlanjutan bisnis, dan menciptakan peluang kerja baru. Acara Demo Day ini menjadi agenda penting dalam proses inkubasi 21 startup tersebut, di mana mereka akan mempresentasikan ide dan solusi inovatif mereka kepada panel ahli industri dan calon investor.

Agenda Acara demo day berlangsung selama 3 hari, dengan agenda antara lain: sesi pitching startup, di mana 21 startup mempresentasikan bisnis dan produk mereka di hadapan reviewer dan investor dari berbagai instansi. Beberapa di antaranya adalah VP of Investment SPILL Ventures, Dannish Tjandra; Head of West Java SME Cooperative Service, R. Rachmat Taufik Garsadi yang diwakilkan oleh Tatang Suryana; Founder & Commissioner PT. Sigap Tangkas Mandiri; Investment Associate Maven Asia Capital, Nicole Madeline; Analyst MDI Ventures, Otniel Wardoyo; CEO Mapid.ID, Bagus Darmawan; serta Direktur PT. Bhakti Unggul Teknovasi (BUT), Indah Purnomowati yang diwakilkan Eko Rahayu. Acara ditutup dengan agenda kegiatan team-building untuk mendorong kolaborasi dan networking di antara para peserta.

Figur-figur kunci yang telah hadir dalam acara ini, termasuk:

  • Dr. Ir. Rina Pudji Astuti, M.T., Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kerjasama, Telkom University
  • Angga Rusdinar, S.T., M.T., Ph.D., Direktur Bandung Techno Park
  • Christina Agustin, A. Pi., MM, Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Bisnis, Kementerian Koperasi & UKM

Demo Day ini menghasilkan 22 Letter of Intent (LOI) dari 11 start-up yng berhasil menarik perhatian investor. Berikut adalah daftar startup yang sukses menarik minat investor:

  • Mapid.ID LOI dengan startup: Reedooceit, Curaweda, Dream Agri Culture, Carikosku.telyu.
  • Spill Ventures LOI dengan startup: Selasar Kampus, Curawweda.
  • Maven Asia Capital LOI dengan startup: ReddoceIt, Ulin Titik 0, Curaweda, Dream Agriculture, Harmoniz.
  • Bhakti Unggul Teknovasi LOI dengan startup: BangunPC, Curaweda, TAbizah, Titik 0, DreamAgriCulture, RedooceIt, dan Efika.
  • PT. Sigap Tangkas Mandiri LOI dengan startup: Carikosku.Telyu, Learnhub.
  • MDI Ventures LOI dengan startup: ReedooceIt dan Selasar Kampus.

Inisiatif ini menegaskan komitmen Bandung Techno Park dan Kementerian Koperasi & UKM untuk membangun startup yang tangguh dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan pembangunan Indonesia.