Deskripsi
Manajemen pendidikan dan supervisi pendidikan merupakan dua hal yang saling berkaitan dan tidak terpisahkan satu dengan yang lainnya. Melalui manajemen pendidikan, maka pendidikan dibentuk dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan sedangkan supervisi pendidikan merupakan upaya yang dilakukan untuk memastikan bahwa mutu tersebut mampu diwujudkan dengan optimal. Manajemen pendidikan merupakan serangkaian aktivitas terpadu dalam mengembangkan organisasi pendidikan dan organisasi sekolah sebagai suatu sistem yang bersifat Sosial-ekonomi-teknis, dimana sistem tersebut merupakan suatu kesatuan dinamis yang terdiri dari bagian-bagian yang berhubungan secara organik; dinamis berarti bergerak, berkembang ke arah suatu tujuan. Sosial (social) dimaknai sebagai bergerak di dalam dimana manusia di dalamnya berperan penting. Ekonomi dimaknai sebagai kegiatan dalam sistem yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Teknis dimaknai sebagai penggunaan alat-alat dan cara-cara tertentu. Supervisi pendidikan merupakan bagian tidak terpisahkan dari peningkatan mutu pendidikan, dimana supervisi bukan ditujukan untuk pencarian kesalahan atau berkaitan dengan baik dan buruk, Supervisi pendidikan dilaksanakan dalam rangka pembimbingan, pengarahan, dan pembinaan menuju peningkatan mutu dan kinerja pendidikan yang lebih optimal melalui proses yang sistematis dan dialogis. Maka pola hubungan antara antara supervisor dengan yang disupervisi adalah hubungan mitra kerja, bukan hubungan antara pimpinan dan pegawai yang kaku.