Deskripsi
Lingkungan persaingan organisasi, terutama organisasi bisnis, semakin kompetitif. Setiap organisasi saat ini dituntut untuk mampu berbenah, beradaptasi, dan memiliki nilai-nilai keunggulan dibandingkan dengan pesaingnya. Manajemen organisasi tidak lagi mampu dikelola secara konvensional dan tradisional, setiap organisasi dituntut untuk mampu bertransformasi menjadi organisasi modern yang mampu beroperasi secara efektif dan efisien, serta bersekala global. Hal tersebut menjadi pemicu semakin tingginya tuntutan terhadap profesionalisme sumberdaya manusia, salah satunya berkenaan dengan profesi sekretaris. Peran sekretaris menjadi semakin strategis dan penting. Sekretaris saat ini, tidak hanya berkecimpung dalam pekerjaan teknis keadministratifan atau mendampingi dan melayani kebutuhan pimpinan saja. Lebih jauh dari itu, sekretaris sudah bertransformasi menjadi sosok yang multifungsi dan mampu merepresentasikan organisasi maupun pimpinan organisasi dimana ia bekerja dan bernaung. Peran-peran sekretaris konvensional yang bersifat administratif dan klerikal sebagian besar telah tergantikan oleh perangkat teknologi dan informasi. Sekretaris saat ini bukan lagi sebagai sosok pendiam dan hanya menerima perintah, ia berubah menjadi sosok yang profesional dalam bekerja, berkompeten dalam keadministrasian kantor, cerdas dalam bekerja dan menjalin hubungan dengan orang lain, terampil dalam memberikan solusi, dan berorientasi untuk melayani seluruh pihak-pihak yang berkepentingan dengan organisasi (stakeholders). Untuk itu, sekretaris perlu dikembangkan dalam suatu program pengembangan sekretaris yang berkesinambungan.