Deskripsi
Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan di SD Negeri Melong Mandiri 2 Cimahi, yang sedang mengembangkan program peningkatan kemampuan literasi bernama Rasi Gempita. Berdasarkan hasil diskusi dengan pihak mitra, pihak sekolah SDN Melong Mandiri 2 mengatakan bahwa mereka memiliki permasalahan dalam pelaksanaan program Rasi Gempita mengenai keterbatasan kondisi fisik perpustakaan dan kurangnya buku bacaan untuk mendukung program Rasi Gempita yang membutuhkan ruang khusus untuk merangsang minat baca siswa. Dalam hal ini pihak sekolah membutuhkan ruang perpustakaan yang memiliki variasi elemen estetis ruang multifungsi untuk pendampingan siswa dalam meningkatkan minat baca. Solusi yang kami berikan untuk pihak mitra adalah dengan pembuatan produk berupa pojok baca yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa siswi untuk meningkatkan minat membaca. Pojok Baca ini diharapkan bisa menjadi perantara antara tenaga pendidik dengan siswa untuk merangsang minat baca anak. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode partisipatif dan pendekatan berbasis kebutuhan sekolah dasar mitra. Inovasi teknologi yang dilakukan adalah merepresentasikan penerapan teknologi dalam bentuk perancangan pojok baca. Perancangan dimulai dengan menyusun desain layout ruang baca yang nyaman, memilih warna-warna ceria, membuat mural edukatif, serta menentukan kategori buku yang disediakan. Tim melibatkan pihak sekolah untuk mendapatkan masukan dan persetujuan desain, agar pojok baca sesuai dengan karakter sekolah. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah Pojok Baca Rasi Gempita sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa di sekolah.